Selasa, 20 Mei 2008

Tips N Trik Menanggulangi Virus


1. Jika anda memasukkan driver external, tekan dan tahanlah shift agar autorun tidak dapat jalan. So virus dengan autorun tidak dapat bekerja.

2. Masuklah pada Windows Explorer, lalu kliklah icon Views pilih Details. Perhatikanlah semua folder, lihatlah pada table Size. Jika pada folder tersebut memiliki ukuran sudah dapat dipastikan bahwa itu adlah virus. Langsung hapus saja!!! Karena sebuah folder tidak memiliki ukuran.

3. Kalau tiba-tiba folder yang anda buat hilang, jangan berprasangka buruk dulu. Kliklah ToolsWindows Explorer, lalu pilih Folder Option. Pilihlah tab View lalu tandai Show hidden file and folder. pada

4. Jika ada file yang mencurigakan jangan langsung main buka saja, tapi lihat dlu, kalau yakin bukan file anda langsung hapus saja. Biasanya file virus berexstensikan : .bat, .exe, .vbs n etc.

5. Jika file tersebut tidak berexstensikan seperti diatas, tetap anda jangan ceroboh. Kliklah Tools pada Windows Explorer, lalu pilih Folder Option. Pilihlah tab View lalu hilangkan tanda pada Hide extensions for known file type, biasanya virus menyembunyikan extensinya sendiri lalu menambahkan extensi file lain.

6. Sering-seringlah menscan computer anda.

7. Kalau anda ingin slamat masuklah pada Registry Editor (Regedit). Lalu berikan nilai 1 pada DWORD: DisableCMD pada HKCU\Software\Police\Microsoft\ Windows\System.

8. Jangan asal download file yang tak jelas asal-usulnya.

9. Gunakanlah firewall saat browsing atau surfing.

10. Jangan berkunjung kesitus-situs yang begituan. Kebanyakan virus jahat banyak yang bersarang disana terutama TROJAN.

Nb: Sebenarnya virus bukanlah program jahat, melainkan file yang membantu user. Tapi karena kecerobohan user tersebut maka program pembantu tersebut menjadi program pengganggu.

By: Puji Agustian A. W.

Tidak ada komentar: